Pengembang Aplikasi Kini Bisa Jajal Android 14 Beta 1 di iQOO 11

11 Mei 2023 13:37
Penulis: Habieb Febriansyah, tekno
Ilustrasi ponsel iQOO 11. (ANTARA/HO/iQOO Indonesia)

Sahabat.com - Jenama ponsel pintar, iQOO, mengumumkan bahwa program Android 14 Beta 1 yang biasa dijajal oleh pengembang aplikasi kini bisa tersedia di ponsel pintar mereka yaitu iQOO 11.

Program Android 14 Beta 1 untuk pengembang itu tidak hanya bisa dijajal di China tapi juga di Asia Tenggara termasuk di Indonesia mulai hari ini 11 Mei 2023.

Dalam siaran pers iQOO, Kamis, program ini memberikan akses lebih awal kepada pengembang iQOO untuk mencoba pengalaman Android terbaru dan meningkatkan kompatibilitas aplikasi mereka.

Android 14 generasi baru ini dirancang untuk membawa beberapa peningkatan mutakhir pada pengalaman pengguna, termasuk pengelolaan sumber daya perangkat yang dioptimalkan, daya tahan baterai yang lebih baik, peningkatan keamanan dan privasi, serta lebih banyak fitur terkait personalisasi dan aksesibilitas.

Dari segi pengelolaan sumber daya perangkat, Android 14 akan menyederhanakan proses yang terjadi di belakang layar smartphone dengan mengoptimalkan proses pengaktifan aplikasi.

Tidak hanya cara kerja saja yang lebih efisien, tapi juga fungsi baterai akan lebih terjaga.

Salah satu peningkatan utama adalah penjadwalan alarm presisi untuk suatu tindakan, yang tidak lagi diatur secara otomatis/default karena akan menghabiskan sumber daya perangkat, terutama daya baterai, secara
signifikan.

Oleh karena itu, selain aplikasi jam atau kalender, semua aplikasi baru yang diinstal di Android 14 memerlukan persetujuan pengguna untuk dapat mengatur penjadwalan presisi.

Pengguna dapat mengatur preferensi aplikasi pada layar pengaturan (setting screen).

Selain peningkatan pada penggunaan daya, Android 14 menyediakan lingkungan perangkat yang lebih aman dan memberikan pengguna lebih banyak kontrol untuk melindungi informasi pribadi.

Untuk versi beta 1 bagi para pengembang ini Android 14 memperkenalkan fitur pemilihan foto yang lebih ramah terhadap privasi dan membatasi aplikasi untuk secara langsung memperoleh izin membaca dan menulis file dengan mengambil alih sistem.

Android 14 akan menampilkan pop-up notifikasi untuk mengonfirmasi perizinan pemberian akses parsial ke foto dan video dengan memilih hanya beberapa file media.

Alternatifnya, pengguna dapat memilih untuk mengizinkan atau menolak akses aplikasi ke semua file media.

Selanjutnya membahas fitur personalisasi dan aksesibilitas, Android 14 mengoptimalkan hal tersebut agar lebih nyaman digunakan.

Seperti pengaturan preferensi satuan suhu berdasarkan wilayah, hari pertama dalam satu minggu, dan penyajian angka berdasarkan kebutuhan dan preferensi pengguna akan tersedia dan bisa dicoba dalam program Android 14 beta 1 untuk pengembang.

Adapun bagi pengembang aplikasi pengguna iQOO yang tertarik menjajal Android 14 beta 1 maka bisa mengunjungi situs web vivo Developer untuk dapat berpartisipasi.

Karena dikhususkan untuk pengembang, maka perlu dicatat bahwa Android 14 Beta Develop Program ini tidak ditujukan bagi pengguna secara umum.

Versi ini dirancang khusus pengembang untuk menguji dan mengadaptasi aplikasi mereka, memastikan kompatibilitas dan meningkatkan pengalaman pengguna.(Ant)

0 Komentar

Berita Terkait

Leave a comment